Wednesday 12 February 2014

Laporan Resmi PTI modul 2

LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMATIKA
MODUL 2
INSTALASI WINODOWS






Disusun Oleh:


Nama               :  Azza Devi Manzilia
NRP                :  120411100110
Kelas               :  D
Asisten            :  Syamsul Arifin
Tgl. Pratikum :  25 September 2012
Dosen              : Ari Kusumaningsih, ST, MT
 
Di setujui, ....../……./………../Bangkalan




( SYAMSUL ARIFIN)
10.04.111.00048
 
 















Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSA-ptWkAFK0OrXeH_tbXKijE8eFm7tMz0gjufNeaJLtnm5eOO9etOYPVJLn-xnIXDubB7dEC5gJXN9adSk4qJtLnhyphenhyphenxEU8uquZpBptvF589VlAQeYTDXk7cT9SHsQ8Nail0qJk4QNazc/s300/Logo+Common+Computing.pngLABORATORIUM COMMON COMPUTING
PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2012
BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang.
            Semakin berkembang ilmu teknologi maka semakin berceceran pula software-software yang turut mendukung perkembangan ilmu teknologi di seluruh belahan dunia. Salah satunya adalah perkembangan SO (Sistem Operassi) yang berkembang sangat pesat di era millenium ini. Windows yang merupakan salah satu perusahaan SO terbesar di dunia saat ini masih banyak di segani oleh kalangan masyarakat karena program-program yang disediakan dalam SO tersebut mempunyai fitur-fitur yang unik dan lengkap. Arus zaman globalisasi turut pula mempengaruhi kemajuan ilmu teknologi di dunia. Windows yang terdahulu kini mulai ditinggalkan lantaran sudah ada keluaran terbaru yang lebih lengkap fitur-fiturnya. Persoalan yang sering ditemukan di kehidupan masyarakat adalah mereka hanya bisa menikmati fitur-fitur yang disediakan oleh SO windows tanpa mengetahui cara menginstalnya, terutama bagi kalangan mahasiswa teknik informatika cara menginstal windows merupakan dasar untuk memulai mengoperasikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan ilmu informatika. Oleh sebab itu diadakan praktikum ini agar mahasiswa dapat menginstal SO sendiri dan dapat mempartisi sendiri memori yang dibutuhkan untuk komputernya masing-masing.

1.2    Tujuan.
1.    Praktikan dapat melakukan instalasi operating system (OS) Windows.
2.    Praktikan dapat mengetahui bagaimana caranya mempartisi harddisk dan mengonfigurasi sistem





BAB II
DASAR TEORI

A.      PERSIAPAN INSTALASI
Yang harus diperhatikan dalam menginstal/menginstal ulang windows xp :
1.    Siapkan CD Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable).
2.    Backup data/documents apa saja yang menurut anda penting yang ada didalam drive C ke drive lainnya misal ke drive D. Karena semua data/program yang ada didalam drive C semuanya akan hilang, kecuali anda merepair/memperbaiki maka data/program yang ada di drive C tidak akan hilang
3.    Siapkan CD driver yang dibutuhkan oleh computer anda, seperti driver motherboard, sound, dan driver VGA card.

B.       PROSES INSTALASI :
1.        Aturlah BIOS agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, dengan cara:
a.         Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
b.        Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis.
c.         Ubah pengaturannya agar CDROM merupakan urutan pertama. Kemungkinan pilihan ini memiliki 2 jenis:
d.        Dengan menu ‘First boot priority’, ‘Second boot priority’ dll:
                    i.          Aturlah ‘First boot priority’ ke ‘CDROM’ dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-. Atur juga ‘Second boot priority’nya ke HDD0/HDD1.
                  ii.          Jika menunya ‘Boot priority’: atur ke ‘CDROM, C, A’ atau ‘CDROM, A, C’ dengan menekan tombol PgDn/Up.
e.         Kembali ke menu sebelumnya dengan menekan tombol Esc. Sampai di ini, masukkanlah CD-ROM/DVD instalasi Windows ke drive optik.
f.         Tekan F10, kemudian ketik Y dan tekan Enter.
g.        Komputer akan restart.
2.        Tekan sembarang tombol jika tampil perintah ‘Press any key to boot from CD...’. Komputer kemudian akan meload Windows sementara, untuk proses instalasi. Sebagai catatan: Di baris terbawah layar biasanya akan tertulis perintah-perintah beserta tombol keyboard yang harus ditekan, jika Setup meminta input dari Anda (sebagai user).
3.        Setelah loading selesai dan menu berlatar-belakang biru muncul, akan ada pemilihan mode Setup. Tekan Enter untuk memulai proses instalasi.
4.        Tekan F8 untuk menerima ketentuan lisensi (Jika tampil).
5.        Setup akan meminta tempat instalasi Windows XP. Hard disk pertama akan otomatis terpilih. Jika tidak, pilihlah Hard Disk pertama sebagai tempat instalasinya. Kemudian tekan Enter.
6.        Akan ada pilihan mode Format untuk Hard Disk. Pilihlah ‘Format the partition using the NTFS file system (Quick)’. Kemudian Setup akan menyiapkan Hard Disk tersebut dan mengopi seluruh file-file Windows yang diperlukan. Tunggulah beberapa menit sampai indikator Progress Bar mencapai 100%.
7.        Komputer akan restart. Jangan menekan tombol apapun pada keyboard jika tampil tulisan ‘Press any key to boot from CD...’ karena kita sekarang akan membooting komputer melalui Hard Disk yang telah disiapkan oleh Setup. Kemudian Setup akan memasuki mode GUI (Graphical User Interface).
8.        Windows akan meminta nama Anda beserta nama organisasi. Isilah. Ketika diminta CD-KEYnya, masukkan seperti yang tertulis di dalam CD
9.        Windows juga akan meminta pengeseran waktu dan tanggal komputer. Biasanya pengaturan ini sudah benar. Pilih saja time zone yang sesuai, yaitu +7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta) kemudian akan dilanjutkan dengan penginstalan kartu network.
10.    Klik On atau Next sampai selesai
11.    Komputer akan restart untuk yang kedua kalinya.
12.    Ketika loading selesai, Anda akan dipandu untuk mengeset nama (account) pengguna.
Klik saja tanda panah kanan berulang kali sampai selesai. Proses instalasi selesai.
13.    Untuk tahap selanjutnya, dianjurkan untuk menginstal driver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti driver untuk modem, dll. Sumbernya bisa berasal dari CD/DVD yang didapat bersama paket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasi program-program lain seperti WinRAR, Office, dll.

C.      PENGENALAN WINDOWS XP
            Sistem operasi dibuat dengan salah satu tujuannya adalah mempermudah interaksi manusia sebagai pengguna dengan komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat terutama pada sisi perangkat keras juga dibarengi dengan munculnya beberapa sistem operasi yang menjadi alternatif antara lain DOS/Windows, Unix, Linux, Sun Solaris, IBM OS/2 dan MacOS
Windows dan Linux saat ini merupakan sistem operasi terpopular dan paling banyak digunakan. Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilannya yang indah sedangkan Linux banyak digunakan dengan alasan keamanan dan sifatnya yang open source. Dengan alasan open source dan tidak terikat lisensi saat ini mulai terjadi pergeseran pemakai terutama didunia pendidikan, banyak yang awalnya menggunakan windows dan solaris berpindah menggunakan Linux.
Untuk modul 2 seperti telah dibahas di atas mengenai instalasi dan pengenalan windows. Sedangkan pembahasan untuk instalasi dan pengenalan Linux di bahas pada modul 3.





D.       PENGENALAN DESKTOP
Gambar 1 : Windows Desktop
Desktop dahulu menjadi alasan mengapa Windows dan MacOS sangat popular. Namun saat ini sistem operasi lain seperti Linux dan Solaris juga telah menggunakan model Desktop sehingga muncul Desktop Manager yang popular yaitu KDE dan GNOMEC. Desktop manager pada Windows diperlihatkan pada gambar 1, yang terdiri dari :
1.        Wallpaper : gambar background pada desktop
2.        Start Menu : daftar untuk memulai bekerja dengan aplikasi
3.        Quick Launch : cara cepat mengeksekusi aplikasi
4.        Taskbar : papan yang menunjukkan aplikasi yang dibuka bekerja
5.        Short Cut : link dari papan aplikasi atau file yang ditempatkan di desktop.

E. WINDOWS EXPLORER
            Untuk mengelola file yang dibuat, Windows telah menyertakan apilkasi Windows Explorer yang digunakan untuk melakukan managemen file dan direktory yang kita buat. Tampilan Windows Explorer ditunjukkan pada Gambar 2, mempunyai bagian-bagian antara lain :


                                    Gambar 2 : Windows Explorer
1.      Menu
Memuat fitur-fitur yang ada pada Windows Explorer, berupa perintah- perintah dan konfigurasi dari tampilan Windows Explorer
2.      Toolbar
Papan berisi short-cut perintah yang bisa digunakan pada Windows Explorer. Tidak semua short-cut ada pada toolbar, hal ini sesuai dengan konfigurasi (aturan) yang ditetapkan.
3.      Folder View
Pada windows Explorer, terdapat dua windows (jendela) yaitu folder view explorer disebelah kiri dan view disebelah kanan. Folder view hanya menampilkan folder-folder / direktori dan beberapa file zip, sedangkan explorer view menampilkan semua isi dari folder yang dipilih, kecuali file yang di-hidden.
4.      Path
Path adalah lebih lengkapnya address path merupakan alamat lengkap (path
mutlak) dari folder yang dipilih pada folder view. Secara umum formatnya adalah :
            <Drive>\<Folder>\<Folder>\
            Contoh :
F : \Word\Format\
Berarti folder yang dipilih adalah Jumat\, terletak pada drive F:\, dengan folder utama Word\
5.      Status Bar
            Merupakan deskripsi isi dari folder yang dipilih, biasanya berupa jumlah
            file/folder yang ada pada drive/folder yang dipilih. Hidden-file bisa terdeteksi           dari status bar.





















BAB III
TUGAS PENDAHULUAN





























BAB IV
IMPLEMENTASI

5.1    Tugas Praktikum
1.        Jelaskan bagaimana meng-upgrade ke Windows XP dari windows 98, Windows Me (Millennium Edition), Windows 2000 Professional !
2.        Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi Windows dari awal sampai selesai.
3.        Jelaskan apa yang dimaksud direktori dan cara untuk membuat direktori ?
4.        Jelaskan cara menghapus, mengubah dan membuat shortcut file/folder
5.        Buatlah folder didalam folder PRAKTIKUM DASKOM, beri nama folder dengan Nama Anda, pindahkan file-file tugas praktikum anda ke dalam folder tersebut.
6.        Sharing-lah folder yang baru anda buat yang kemudian lihatlah folder yang telah anda share dari komputer yang lain. Settinglah agar folder yang anda share tidak dapat dihapus.

Jawaban
1.        Cara mengupgrade ke windows XP


            Sebelum memulai proses upgrade, hubungi pabrikan komputer Kita untuk mendapatkan pembaruan BIOS terbaru untuk komputer Kita kemudian instal pembaruan tersebut. Jika Kita memperbarui BIOS setelah Kita mengupgrade komputer, kita mungkin harus menginstal ulang Windows XP untuk mengambil keuntungan dari berbagai fitur seperti Konfigurasi Lanjut dan Antarmuka Daya (ACPI) yang mendukung BIOS. Jika  Kita  dapat  melakukann ya,  perbarui  firmware  pada  semua  perangkat keras sebelum memulai upgrade.
            Kita mungkin ingin memutus hubungan Internet selama menginstalan. Langkah ini tidak harus dilakukan, tetapi memutuskan dari Internet selama penginstalan membantu melindungi komputer Kita. Untuk perlindungan tambahan, Kita mungkin juga ingin mengaktifkan firewall Internet Explorer Microsoft. Untuk informasi  lebih  lanjut,  lihat  topik "Mengaktifkan  atau  menonaktifkaFirewall  Sambungan  Internet"  pada Bantuan sistem operasi Windows. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mempersiapkan Windows 98 atau Windows Millennium Edition untuk upgrade ke Windows XP, klik nomor artikel berikut untuk melihat artikel dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
            Cara   mempersiapka Window 98   ata Window Millennium Edition   untuk   meng-upgrade   ke   Window XP Langkahny Sebagai berikut :

1)        Kita  lebih  dahulu  masuk  di  Menu  Bios  Kita,  kita  atur  first  botnya, Bisa  CD  bias  juga  Removedoubledisck  (FlashDisk),  kemudian  Save and Exit
2)      Hidupkan  komputer  Kita,  kemudian  masukkan  CD  Windows  XP  ke

CD atau DVD.
3)        Jika windows secara otomatis mendeteksi CD, klik menginstal windows untukmemulai menjalankan penataan windows XP. Jika windows tidak mendeteksi CD secara otomatis, klik mulai. Kemudian klik jalankan.
4)        Apabila kita diminta untuk memilih jenis penginstalan, pilih Upgrade (pengaturan default), kemudian klik Berikutnya.
5)        Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan upgrade.
6)        Jika Kita diminta untuk memasukkan serial number, kita harus memasukkan beberapa digit angka dan huruf yang di sertakan di CD instalasiJika  Kita  menggunakan  CD  hasil  COPAS(bajakan),  Bisa mencari serial numbernya di internet banyak.
7)      Jika Kita menggunakan produk windows yang asli atau bukan bajakan
8)      kita bisa dengan mudah dengan meng-upgrade online.
2.        Cara menginstal windows
1)        Aturlah BIOS agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, dengan cara
a.    Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
b.  Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah Boot Priority
atau yang sejenis.
c.    Ubah pengaturannya agar CDROM merupakan urutan pertama. Kemungkinan pilihan ini memiliki 2 jenis:
i.      Dengan  menu  First  boot  priority’,  Second  boot  priority’ dll.  Aturlah  First  boot  priority ke  CDROM dengan menekan tombol PgDn/Pgup (Page Down/Up) atau +/-.Atur juga Second boot prioritynya ke HDD0/HDD1.
ii.    Jika menunya Boot priority: atur ke ‘CDROM, C, A atau ‘CDROM, A, C’ dengan menekan tombol PgDn/Up.
d.   Kembali  ke  menu  sebelumnya  dengan  menekatombol  Esc. Sampai di  ini, masukkanlah CD-ROM/DVD instalasi Windows ke drive optik.
e.    Tekan F10, kemudian ketik Y dan tekan Enter.
f.     Komputer akan restart.
2)        Tekan sembarang tombol jika tampil perintah Press any key to boot from CD...’.   Komputer kemudian akan meload Windows sementara, untuk  proses instalasi. sebagai catatan:   Di baris terbawah layar biasanya akan tertulis perintah-perintah  beserta  tombol  keyboard  yang  harus  ditekan, jika Setup meminta input dari Kita (sebagai user).
3)        Setelah loading selesai dan menu berlatar- belakang biru muncul, akan ada   pemiliha mode   Setup.   Teka Ente untuk   memula proses instalasi.
4)        Tekan F8 untuk menerima ketentuan lisensi (Jika tampil).
5)        Setup akan meminta tempat instalasi Windows XP. Hard disk pertama akan otomatis terpilih. Jika tidak, pilihlah Hard Disk pertama sebagai tempat instalasinya. Kemudian tekaEnter. Akan ada pilihan mode Format untuk Hard Disk. PilihlahFormat the partition  using the NTFS file system (Quick)’. Kemudian Setup akan menyiapkan Hard Disk tersebut dan mengopi seluruh   file-file. Windows yang diperlukan.Tunggulah beberapa menit sampai indikator Progress Bamencapai 100%.
6)        Kompute aka restart Janga meneka tombol   apapun   pada keyboard jika tampil tulisan Press any key to boot from CD...’ karena kit sekarang  akan  membooting  komputer  melalui  Hard  Disk  yang tela disiapkan  oleh  Setup.  
7)        Kemudian  Setup  akan  memasuki  mode GUI  (Graphical User Interface).
8)        Windows  akan  meminta  nama  Kita  beserta  nama  organisasi.  Isilah. Ketika diminta CD-KEYnya, masukkan seperti yang tertulis di dalam CD
9)        Windows juga akan meminta pengeseran waktu dan tanggal komputer. Biasanya pengaturan ini sudah benar. Pilih saja time zone yang  sesuai,  yaitu  +7  (Bangkok,  Hanoi,  Jakarta)  kemudian  akan dilanjutkan dengan penginstalan kartu network.
10)    Klik OK atau Next sampai selesai.
11)    Komputer akan restart untuk yang kedua kalinya.
12)     Ketika  loading  selesai,  Kita  akan  dipandu  untuk  mengeset  nama (account) pengguna. Klik saja Kita panah kanan berulang kali sampai selesai. Proses instalasi selesai.
13)    Untuk  tahap  selanjutnya,  dianjurkan  untuk  menginstal  driver-driver yang belum/tidak dikenali Windows, seperti driver untuk modem, dll. Sumbernya  bisa  berasal  dari  CD/DVD  yang  didapat  bersama  paket pembelian peripheral tsb. Proses ini dapat dilanjutkan dengan instalasi program-program lain seperti WinRAR, Office, dll.
3.        Direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori yang terdiri dari berbagai format, seperti .rar.exe.pdf.doc dll.
Cara membuat direktori :
1)        Buka windows exploler.
2)        Klik kanan ditempat yang kosong, pilih new, folder.
3)        Tulis nama folder sesuai dengan yang anda inginkan.
4)        Kemudian klik oke atau enter
4.        Cara menghapus shortcut file/folder :
1)        Klik shortcut yang ingin anda hapus
2)        klik kanan, pilih delete
3)        Dengan demikian shortcut tsb sudah terhapus
Cara mengubah shortcut file/folder:
1)        Klik kanan shortcut tersebut.
2)        kemudian pilih propertis, disana kita bias mengubah bentuk icon.nya dan juga file locationnya.
3)        Jika kita hanya ingin mengubah nama shortcutnya langsung saja di klik kanan, kemudian pilih rename. Cara membua.
Cara membuat shortcut file/folder :
1)        Cara membuatnya cukup mudah, yakni kita tinggal memilih aplikasi apa atau folder apa yang akan kita buat shortcut.
2)        kemudian di klik kanan kemudian pilih create shortcut.
3)        Jika kita ingin meletakan shortcut tersebut di desktop, tinggal klik kanan, pilih send to, kemudian pilih send to desktop create shortcut.
5.        Cara membuat folder di dalam PRAKTIKUM DASKOM
1)      Buka properties
2)      Klik kanan di lahan yang kosong, pilih new, folder, kemudian tulis folder dengan nama PRAKTIKUM DASKOM.
3)      Double klik folder PRAKTIKUM DASKOM.
4)      Klik kanan, pilih new, folder dan tulis nama folder dengan nama AZZA MANZILIA kemudian enter.
 









6.        Untuk sharing suatu folder, langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
1)      Klik kanan folder PRAKTIKUM DASKOM, pilih properties
2)      Kemudian pilih dan klik sharing.
3)      Pilih advance sharing pada tab sharing
4)      Kemudiakeluarlah  kotaview, pilih  Permissions.
5)      Setelah  di klik permissions berilahtanda ceck di read. Maka folder tersebut bisa dibaca.
 









6)      Kemudian klik ok.







BAB V
PENUTUP
5.1    Kesimpulan
     Berawal dari kegiatan praktikum diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa instalasi windows merupakan langkah awal untuk menjalankan semua program dalam sebuah komputer. Instalasi windows harus dilakukan dengan teliti dan benar agar tidak terjadi kerusakan atau kesalahan saat komputer sedang dijalankan karena proses instalasi windoes sangat berpengaruh pada komputer yang sedang di instal.
     Gunakan OS (operating system) yang asli guna menghargai hak cipta seseorang terhadap karya yang sudah diciptakan.  Jangan menggunakan OS yang bajakan karena hal tersebut dapat merusak reputasi suatu produk di pasar bebas.

5.2    Saran
1.      Untuk asisten praktikum hendaknya menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum praktikum dimulai. Jangan sampai praktikum terbengkalai dikarenakan kurangnya bahan praktikum.
2.      Untuk kegiatan praktikum sebaiknya lebih di koordinir suasana di kelas. Agar mahassiswa dapat memahami materi praktikum secara keseluruhan.


No comments:

Post a Comment