Thursday 22 May 2014

Belajar Membuat Limas 3 Dimensi dari Open Gl

 Selamat sore sobat teknik.. Pada kesempatan kali ini mbak akan membagi sedikit ilmu nih tentang pembuatan objek 3D. objek yang akan kita buat pada kali ini adalah sebuah limas segitiga. monggo diserap ilmunya sob

#include <windows.h>
#include <GL/glut.h>
#include <stdlib.h>


void display(void)
{
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT|GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
    glColor3f(1.0, 1.0, .0);
    glPushMatrix();
    glRotated(-25,1,0,0);
    glColor3f(0,0,1);
    glBegin(GL_POLYGON);
    glVertex3f(-2,-2,-2);
    glVertex3f(2,-2,-2);
    glVertex3f(0,2,0);
    glEnd();

    glColor3f(1,1,0);
    glBegin(GL_POLYGON);
    glVertex3f(-2,-2,-2);
    glVertex3f(0,-2,2);
    glVertex3f(0,2,0);
    glEnd();

    glColor3f(0,1,0);
    glBegin(GL_POLYGON);
    glVertex3f(2,-2,-2);
    glVertex3f(0,-2,2);
    glVertex3f(0,2,0);
    glEnd();

    glColor3f(1,0,0);
    glBegin(GL_POLYGON);
    glVertex3f(-2,-2,-2);
    glVertex3f(2,-2,-2);
    glVertex3f(0,-2,2);
    glEnd();
    glPopMatrix();



    glFlush();
}

void init(void)
{
    glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
    glMatrixMode(GL_PROJECTION);
    glLoadIdentity();
    glOrtho(-10.0, 10.0, -10.0, 10.0, -10.0, 10.0);
    glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
    glShadeModel (GL_FLAT);
    glEnable(GL_DEPTH_TEST);
}

int main(int argc, char** argv)
{
    glutInit(&argc, argv);
    glutInitDisplayMode(GLUT_RGB | GLUT_DEPTH);
    glutInitWindowSize(400, 400);
    glutInitWindowPosition(100, 100);
    glutCreateWindow("Limas - Azza Devi Manzilia");
    init();
    glutDisplayFunc(display);
    glutMainLoop();
    return 0;
 }

                                                              Hasil Running Program


                                      Ini Running kalau GL Begin diganti dengan LINE_STRIP


Semoga Bermanfaat :)


Selamat Mencoba 

Azza.

No comments:

Post a Comment