LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMATIKA
MODUL
1
Disusun Oleh:
Di setujui,
....../……./………../Bangkalan
( SYAMSUL
ARIFIN)
10.04.111.00048
|
Nama : Azza Devi Manzilia
NRP :
120411100110
Kelas : D
Asisten : Syamsul
Arifin
Tgl. Pratikum : 25 September 2012
Dosen : Ari Kusumaningsih, ST, MT
|
PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
2012
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
di
zaman yang serba canggih seperti ini kemajuan teknologi sangat mempengaruhi
peranan kehidupan mahasiswa. Mulai dari elemen mahasiswa bawah hingga elemen mahasiswa
atas, kemajuan teknologi turut berperan dalam memajukan iptek suatu bangsa.
Bahkan bukan hanya itu, kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan
suatu bangsa. Karena bangsa yang maju pasti mempunyai kemajuan teknologi yang maju
pula.
Perangkat
komputer yang kian hari kian beragam jumlah dan jenisnya membuat banyak
masyarakat untuk berlomba-lomba dalam menciptakan suatu perangkat yang unik,
kreatif dan canggih, terutama di kalangan mahasiswa. Salah satunya adalah
perangkat keras (hardware) yang mempunyai peranan penting dalam suatu komputer.
Perkembangan hardware sejak awal hingga sampai saat ini banyak mengalami
perubahan, sehingga mahasiswa kurang mengetahui bentuk, jenis bahkan fungsi
hardware tersebut. Oleh sebab itu dibuatlah praktikum ini dengan tujuan agar
mahasiswa teknik informatika universitas trunojoyo paham dan mengerti bentuk,
jenis dan kegunaan dari hardware-hardware yang ada disebuah komputer.
1.2
Tujuan
Tujuan mahasiswa mengikuti praktikum Algortima Pemrograman Modul 1
ini adalah :
1. Praktikan
dapat mengerti dan memahami
tentang struktur komputer.
2. Praktikan
dapat
mengerti dan memahami
tentang hardware
komputer dan macam-macam bagiannya.
3. Praktikan
dapat membedakan
tentang
input device dan
output device.
4. Praktikan
dapat merakit
komputer.
BAB II
DASAR TEORI
2.2
Teori Singkat
A.
DEFINISI KOMPUTER
Istilah komputer
mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer
(computer) diambil
dari bahasa Latin computare yang berarti
menghitung
(to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985),
komputer
adalah suatu alat elektronik
yang mampu
melakukan beberapa tugas, yaitu menerima
input, memproses input sesuai
dengan instruksi
yang diberikan,
menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk
informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan
supaya secara otomatis menerima
dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output
berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan
di dalam
memori.
Namun, pada
intinya dapat
disimpulkan bahwa komputer
adalah
suatu peralatan elektronik
yang dapat menerima
input, mengolah
input, memberikan
informasi,
menggunakan
suatu program
yang tersimpan
di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil
pengolahan,
serta bekerja secara otomatis.
B.
SISTEM KOMPUTER
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah
data untuk
menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen
yang terdiri
dari perangkat
keras
(hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat
keras adalah peralatan
komputer itu
sendiri, perangkat lunak adalah
program
yang
berisi perintah-perintah
untuk
melakukan proses tertentu,
dan brainware
adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan
serta mengatur sistem
komputer.
Ketiga elemen sistem
komputer tersebut harus saling berhubungan
dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat
keras
tanpa perangkat lunak tidak
akan berarti
apa-apa,
hanya berupa benda mati. Kedua perangkat
keras dan lunak juga tidak
dapat berfungsi jika tidak
ada manusia
yang mengoperasikannya.
C.
STRUKTUR KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari
tiap komponen
saling
terkait. Struktur sebuah komputer
secara sederhana
dapat digambarkan dalam diagram
blok
pada gambar berikut ini.
Gambar 1.1 Struktur komputer
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board. Secara ringkas maka sistem
komputer
terdiri atas
tiga
bagian
penting yaitu:
1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor
2. Memory
( RAM dan ROM )
3. Input / Output
Sedangkan fungsi
komputer didefinisikan sebagai operasi masing- masing
komponen
sebagai
bagian
dari struktur. Adapun fungsi
dari masing- masing komponen dalam struktur di
atas adalah sebagai berikut:
Input Device (Alat Masukan) perangkat keras komputer
yang berfungsi
sebagai
alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam
komputer.
Output Device (Alat Keluaran)
perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan
keluaran
sebagai hasil pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas),
soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
I/O Ports
bagian ini digunakan
untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan
input
dan output diatas terhubung melalui port
ini.
CPU (Central
Processing
Unit)
merupakan
otak sistem
komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah
data. CU (Control Unit)
sebagai pengontrol kerja komputer.
Memori
berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Memori beraneka tipe dari yang tercepat
aksesnya
sampai yang
terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat
dibuat hirarki memori seperti pada
table berikut.
Tercepat
Terlambat
|
Register
|
Cache Memory
|
|
Main Memory
|
|
Sekunder Memory
|
Data Bus jalur-jalur
perpindahan data antar modul dalam sistem
komputer.
Karena pada
suatu
saat tertentu
masing-masing
saluran hanya
dapat
membawa 1 bit
data,
maka jumlah saluran menentukan
jumlah
bit yang dapat ditransfer pada suatu
saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja
sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional,
artinya CPU dapat
membaca dan
menerima data melalui data bus ini.
Data bus biasanya terdiri atas
8, 16, 32,
atau 64 jalur paralel.
Address Bus digunakan untuk
menandakan lokasi
sumber ataupun tujuan
pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat
memori yang akan
ditulis atau
dibaca.
Address
bus biasanya
terdiri atas
16, 20, 24,
atau 32 jalur paralel.
Control Bus digunakan
untuk mengontrol
penggunaan serta akses
ke Data Bus dan
Address
Bus. Terdiri
atas 4 sampai
10 jalur paralel.
BAB III
TUGAS PENDAHULUAN
BAB IV
IMPLEMENTASI
1. Jelaskan dan lakukan langkah-langkah atau proses instalasi
Linux dari awal sampai selesai!
2. Mengenal Arsitektur Komputer
Tulis daftar singkatan komponen sesuai gambar arsitektur PC dibawah:
GPU = Graphics Processing Unit
AGP =
HDD =
FDD =
FSB =
USB =
PCI =
RTC =
PATA =
SATA =
ISA =
IDE =
MCA =
PS/2 =
3. Hardware pada sistem
komputer
terbagi atas 3 bagian
utama, yaitu :
1. Input Unit
2. Processing Unit
3. Output Unit
Sebutkan jenis perangkat input unit
tersebut!
Sebutkan 3 Komponen
Utama Processing
Unit dan jelaskan masing-masing fungsi utama 3 komponen
utama Processing
unit tersebut!
Sebutkan jenis perangkat output unit
tersebut dan jelaskan!
4. Menjelaskan cara kerja masing-masing komponen
PC
Pilih salah satu komponen yang terdapat
pada
komputer
anda,
dan jelaskan
mekanisme kerja komponen tersebut, Bandingkan kinerja tersebut dengan
komponen sejenis
yang berfungsi sama dengan spesifikasi
yang berbeda!
5. Memori dapat
dibedakan menjadi dua bagian
yaitu memori internal
dan memori
eksternal.
Sebutkan dan
jelaskan tentang kedua jenis memori tersebut!
6. Jelaskan
tentang
register!
7. Jelaskan
tentang
processor dan bagaimana perkembangannya!
8. Jelaskan
tentang
motherboard!
9. Sebutkan
persiapan dalam
merakit komputer!
10. Sebutkan penyebab
troubleshooting komputer
dan cara mengatasinya!
JAWABAN
1. Cara
menginstal linux adalah sebagai berikut :
b)
Setelah di download buka
software Ultra ISO atau app lainnya untuk Burn ke CD-R
c)
Klik CTRL + O atau buka file ISO
d) Lalu
pilih file yang telah di download tadi
e)
Setelah Dibuka Klik Tombol
Burn
f)
Lalu pilih recorder / ROM yang akan digunakan
g)
Set juga Write Speed dan
Write Method
h)
Setelah Itu Klik Burn
i)
Setelah CD-R di Burn silahkan restart dan masukan kembali
CD-R tersebut
j)
Lalu PC akan Otomatis
menginstall Linux Puppy Slacko
k)
Setelah proses instalasi
selesai , akan muncul tampilan awal desktop
l)
Lalu isikan Hostname ,
country , Time And Date
m) Linux
Selesai Di Instalasi
2. daftar singkatan komponen
arsitektur PC
GPU = Graphics Processing Unit
AGP = Accelerated Graphics Port
HDD = Hard Disk Drive
FDD = Floppy Disk Drive
FSB = Front Side Bus
USB = Universal Serial Bus
PCI = Peripheral Component Interconnect
RTC = Real Time Clock
PATA = Paralel Advance Technology Attachment
SATA = Serial Advance Technology Attachment
ISA = Industry Standard Architecture
IDE = Integrated Drive Electronics
MCA = Microi Channel Architecture
PS/2 = Personal System
3. jenis perangkat input unit
·
Mouse
·
Keyboard
·
Scanner
·
Joystick
·
Trackball
·
Touch screen
·
Camera
3
Komponen
Utama Processing
Unit beserta penjelasanya
ü
Aritmatic
& Logical Unit (ALU)
Tugas utama
dari ALU melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan
keputusan dari operasi logika dan bit manipulation, sesuai dengan instruksi
program.
ü
Control
Unit
Berfungsi
sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer
serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkan
di monitor (Instruction Cycle).
ü
Main
Memory ( Main Storage )
Main memory
ini merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan
atau yang sedang diolah oleh sistem komputer.
Output unit
ü
monitor
Monitor
adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar
dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya.
ü
Printer
Adalah alat
yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks
maupun gambar/grafik di atas kertas.
ü
Speaker
Adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
ü
Plotter
Adalah salah
satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output
komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer,
berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas
tinggi.
4. Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data
ke dalam komputer selain keyboard. Mouse mempunyai sebuah fungsi utama yaitu
menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Mouse
dapat berubah-rubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam
vertikal ketika mengetik di MS word atau nulis posting di blog. Selain itu juga
memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik kanan dan klik kiri.
·
Perbandingan
antara mouse dan touchpad
ü Mouse : terdapat tiga tombol dalam sebuah mouse,
terdapat pula scroll untuk menggeser kemudian mouse akan berfungsi jika
kabelnya ditancapkan kedalam PS/2
ü Touchpad : hanya terdiri dari dua tombol, dan apabila
kita ingin menggeser sesuatu maka kita harus menggunakan sentuhan jari.
5.
Memory Internal adalah
Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal
memiliki fungsi sebagai pengingat. yang disimpan di dalam memori utama dapat
berupa data atau program. Contoh : ROM (Read Only Memory),RAM (Random Access Memory), hardisk internal, dll
Memory external
:Media penyimpanan data yang berada di luar PC. Diperlukan untuk menyimpan data
atau instruksi secara permanent. Untuk mengontrol /menggunakan memori
eksternal, Processor harus melalui pengontrol/modul I/O. memori eksternal sering
juga disebut memori skunder. Contoh : Hardisk Eksternal, Flashdisk, Pita
magnetic, CD, Blueray, Disket, dll.
6.
Register merupakan sebagian memori dari mikroprosesor yang dapat
diakses dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dalam melakukan pekerjaannya mikroprosesor
selalu menggunakan register-register sebagai perantaranya, jadi register dapat
diibaratkan sebagai kaki dan tangannya mikroprosesor.
7.
Processor sering disebut
sebagai otak dan pusat pengendali computer yang berfungsi untuk melakukan
perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah
disediakan oleh motherboard,
dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang
ada pada motherboard. Kecepatan suatun komputer dipengaruhi oleh kapasitas
suatu processor.
·
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·
Control Unit (CU)
·
Memory Unit (MU)
Perkembangan processor
1.
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun
1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan
pada mesin kalkulator Busicom.
2. 1972 : 8008
Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
3. 1974 : 8080
Microprocessor
Menjadi otak
dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh
ribu dalam 1 bulan
4.
1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah
penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer
pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama
intel.
5.
1982 : 286 Microprocessor
Intel 286
atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama
kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor
sebelumnya.
6.
1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386
adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam
diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat
lebih banyak dibandingkan dengan 4004
7.
1989 : Intel486™ DX CPU
Microprocessor
Processor
yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan
command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek
matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
8.
1993:Intel®Pentium®Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
9.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor
yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang
dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt
transistor yang tertanam.
10. 1997 :
Intel® Pentium® II Processor
Processor
Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang
secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien.
11. 1998 :
Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor
yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi
strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar
tertentu.
12. 1999 :
Intel® Celeron® Processor
Processor
Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor
Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih
sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat,
dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan
keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor
untuk sebuah pasaran tertentu.
13. 1999 :
Intel® Pentium® III Processor
Processor
Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang
secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi,
audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
14. 1999 :
Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel
kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon
tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor
ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke
processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini
juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
15. 2000 :
Intel® Pentium® 4 Processor
Processor
Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus
kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan
1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor
processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel
Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus
kecepatannya hingga 3.4 GHz.
16. 2001 :
Intel® Xeon® Processor
Processor
Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus
untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih
banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih
besar pula.
17. 2001 :
Intel® Itanium® Processor
Itanium
adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada
server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat
dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada
desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC
).
18. 2002 :
Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2
adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.
19. 2003 :
Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855,
dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel
Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer
yang mudah dibawa kemana-mana.
20. 2004 : Intel
Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi
dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan
kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
21. 2004 : Intel
E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
22. 2005 : Intel
Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah
processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan
sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi
3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
23. 2005 : Intel
Pentium D 820/830/840
Processor
berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan
konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada
frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan
dukungan HyperThreading.
24. 2006 : Intel
Core 2 Quad Q6600
Processor
untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari
komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan
8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz
Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
25. 2006 : Intel
Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor
yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing
memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache (
dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan
thermal design power (TDP)
26.
2008
: Intel i7
Ada
beberapa keunggulan processor ini, yaitu :
a)
Memiliki performa lebih tinggi dan
lebih efisien dalam penggunaan energi.
b)
FSB (Front Side Bus) digantikan
dengan QuickPath Interface.
c)
Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip
tersendiri.
d)
Support Three Channel
Memory
8.
Motherboard atau
disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari
sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan.
Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard
merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua
peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan
dengan lancar.
9. Untuk
memulai sebuah praktikum hardware hal yang perlu disiapkan adalah:
a) pertama-tama
kita harus mempersiapkan alat, seperti tang, obeng, pinset, senter dll.
b) siapkan
bahan untuk perakitan berupa satu unit komputer.
c) siapkan
materi tentang perakitan. Materi bisa berupa buku panduan, soft copy atau yang
lainya.
10. Troubleshooting
Komputer atau Kesalahan atau ketidakberhasilan
dalam merakit komputer umumnya disebabkan antara lain:
Penyebab
troubleshooting :
1. pemasangan
Memori yang tidak benar.
2.
Pemasangan Card AGP atau VGA yang
kurang kencang atau pas,
3.
Pemasangan Kabel data untuk HardDisk
yang tidak pas atau terbalik.
4.
Pemasangan Kabel Data Disk Drive
yang tidak pas atau terbalik.
5.
komputer tidak dapat menyala,
monitor mati dan lain sebagainya.
Cara mengatasi :
1.
pasang memori dengan benar, jangan
sampai terbalik
2.
pasang Card atau VGA dengan benar,
pastikan pemasanganya pas dan tidak terbalik
3.
pasang kabel data sesuai dengan slot
yang pas dengan kabel.
4.
Pasang kabel data disk drive dengan
benar.
5.
Periksa aliran listrik ke komputer :
n
Kabel Power, Power suply periksa
kembali sudah terpasang dengan baik dan benar dan tidak ada masalah
n
Pastikan pemasangan komponen-komponen
komputer dengan benar : Pastikan tidak ada komponen yang kendor dalam
pemasanganya.
n
Pastikan Kabel Monitor terpasang
dengan benar : Kabel monitor terhubung dengan monitor secara benar
BAB V
PENUTUP
3.1
kesimpulan
Perkembangan hardware sejak awal ditemukanya
sampai sekarang sangat beragam. Dalam satu unit komputer terdiri dari berbagai
jenis hardware yang mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda antara yang
satu dan yang lainya. Cara pemasangan hardware dalam perakitan sebuah komputer
sangat berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya perakitan tersebut. Merakit
komputer membutuhkan ketelitian yang amat tinggi, apabila terjadi
troubleshooting saat perakitan maka komputer yang kita rakit tidak akan
menyala.
3.2
Saran
1. Untuk
asisten praktek sebaiknya dihandle dengan baik anak didiknya saat mengikuti
praktikum agar tidak gaduh.
2. Untuk
kegiatan praktikum untuk pembagian kelompok sebaiknya dibagi menjadi kelompok
yang lebih spesifik lagi.
No comments:
Post a Comment