Wednesday 12 February 2014

Laporan Resmi Praktikum Algoritma Pemrograman modul 1

LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM ALGORITMA PEMROGRAMAN (ALPRO)
MODUL I
STRUKTUR PROGRAM PASCAL, TIPE DATA, VARIABLE DAN KONSTANTA

Disusun Oleh :

TGL PRAKTIKUM      :   27 September 2012
NAMA                          :  AZZA DEVI MANZILIA
NRP                               :  120411100110
KELAS/KELOMPOK  :  D/2
DOSEN PENGAMPU :  ARIK KURNIAWATI,S.Kom.,M.kom
ASISTEN                      :  ANDI HARTONO
 








Disetujui : ....../……./………../Bangkalan




(ANDI HARTONO)
10.04.111.00020


           








LABORATORIUM COMMON COMPUTING
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2012 / 2013



BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang
Komputer merupakan komponen kehidupan yang penting. Tanpa komputer seseorang pasti bakal tertinggal oleh informasi yang beredar saat ini, saat ini komputer memang benar-benar berpengaruh terhadap komponen kehidupan. Segala aktifitas manusia bertitik tumpu pada sebuah komputer. Kecanggihan komputer dirasa sangat bermanfaat karena komputer mampu membuat program-program yang mampu membantu aktivitas manusia yang tak terbatas ruang, waktu dan dimensinya.
Adanya program bahasa pascal dinilai sangat menguntungkan manusia, karena program tersebut mampu menerjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa komputer sehingga manusia merasa diuntungkan dengan adanya program tersebut. Akan tetapi masih banyak hal yang belum dipelajari oleh manusia tentang bagaimana penggunaan bahasa pemrograman pascal yang baik dan benar serta bagaiman cara memainkan logika yang baik dan benar. Oleh sebab itu diadakan praktikum ini untuk mengetahui bagaimana menggunakan bahasa pemrograman dan logika yang baik dan benar.
1.2              Tujuan
Tujuan mahasiswa mengikuti praktikum Algortima Pemrograman Modul 1 ini adalah:
1.              Mengetahui struktur program pascal,type data,variabel dan konstanta.
2.              Memahami cara penggunaan program pascal.
3.              Mengetahui cara penggunaan variable dalam bahasa pascal.










BAB II
DASAR TEORI

2.1 Teori
Struktur program Pascal terdiri dari tiga bagian (Gambar 1.1), yaitu:
1.    Judul Program. Judul ini sifatnya adalah optional dan tidak signifikan.
2.    Bagian Deklarasi. Bagian ini digunakan bila program akan untuk mendefinisikan berbagai macam identifier, seperti label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi.
3.    Bagian Deskripsi. bagian ini digunakan untuk meletakkan seluruh instruksi program. Instruksi-instruksi yang akan diberikan untuk dikerjakan ditulis di antara “Begin” dan “End". Penulisan “End“ diakhiri dengan tanda baca titik (‘.’). Yang perlu diperhatikan bahwa setiap instruksi diakhiri dengan tanda baca titik koma (‘;’).
program NAMA_PROGRAM;
{ Penjelasan mengenai program, yang berisi uraian singkat mengenai apa yang dilakukan oleh program }
(* DEKLARASI *)
[const]
{ semua nama tetapan dan harga tetapannya didefinisikan di sini}
[type]
{ semua nama tipe bentukan didefinisikan di sini }
[var]
{ semua nama variabel global didefinisikan di sini }
{ deklarasi prosedur dan fungsi didefinisikan di sini }
(* DESKRIPSI *)
begin
{ semua instruksi program dituliskan di sini }
end.
Gambar 1.1 Struktur Program Bahasa Pasacal

Tabel 1.1 Notasi Bahasa Pascal




Kelompok
Notasi Pascal
Ket.
1. Tipe Dasar
Boolean
Byte
Shortint
Word
Integer
Longint
Real
Double
Extended
Char
String
string[N]
Record
field1: type;
field2: type;
...
fieldN: type;
end;
1 byte
1 byte
2 byte
2 byte
4 byte
2. Operator
a. Aritmatika
b. Perbandingan
c. Logika
+
-
*
/
Div
Mod
< 
<=
> 
>=
=
<> 
not
and
or
xor
Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagian
Hasil bagi
Sisa bagi
Lebih kecil dari
Lebih kecil atau sama
dengan
Lebih besar dari
Lebih besar atau sama
dengan
Sama dengan
Tidak sama dengan
3. Komentar
{ komentar }
(* komentar *)

4. Lain-lain
Const
Type
True
False






















BAB III
TUGAS PENDAHULUAN


3.1 Prepraktikum
1. Buatlah contoh deklarasi masing-masing tipe dasar dalam Bahasa Pascal!
2. Isilah tabel berikut ini untuk melakukan penelusuran kebenaran penulisan nama variabel-variabel ini.
Nama Variable
Benar/Salah
Alasan
Pembetulan
_data2



Huruf5



$Kondisi



Alamat Rumah



4_Alasan



Data_nilai



Max




3. Jelaskan aturan-aturan yang digunakan dalam penulisan nama variabel.

4. Buatlah sebuah algoritma untuk mencari keliling dan luas sebuah lingkaran, gunakan deklarasi konstanta untuk menyimpan nilai phi.

3.2  Jawaban Prepraktikum
1. Tipe Data
ü Tipe data Boolean adalah tipe data yang mempunyai dua nilai yakni benar dan salah.
Contoh:
Var
a:boolean;
begin
a:=true;
writeln(a);
writeln(not a);
readln
end.
Jika program ini dijalankan maka hasilnya True atau False



ü Tipe data Integer adalah tipe data yang digunakan untuk variable dengan data bentuk bilangan bulat.
Contoh:
Program Integer;
Var
A,B,C:Integer;
Begin
Write(‘Masukkan nilai A=’); Readln (A);
Write(‘Masukkan nilai B=’); Readln (B);
C:=A-B;
Writeln(‘Hasil pengurangan =’,C);
End.




ü Tipe data Real adalah tipe data yang digunakan untuk variable dengan data bentuk bilangan desimal.
Contoh :
Var
Panjang, lebar, luas: real;
begin
writeln ('program menghitung luas persegi panjang');
write ('masukkan panjang= '); read (panjang);
write ('masukkan lebar= '); read (lebar);
luas := panjang*lebar;
write ('luas persegi panjang= ', luas:2:0);
end.



ü Tipe data Char adalah tipe data yang digunakan untuk variable dengan data bentuk karakter.
Contoh:
Uses crt;
Var A : Char;
Begin
Write(‘
AZZA DEVI’);
A := Readkey;
Writeln(‘
AZZA DEVI:’, A);
Readln;
End.




ü Tipe data String adalah tipe data bentukan yang merupakan deretan karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya diapit oleh 2 tanda kutip.
Contoh:
Var
Kata1:string[4];
Kata2:string[4];
Begin
Kata1:=’Azza’;
Kata2 :=’Devi’;
Writeln(Kata1,Kata2);
End.


2. Penelusuran kebenaran penulisan nama variable-variable
Nama Variable
Benar/Salah
Alasan
Pembetulan
_data2
Benar
Penulisan nama variabel tersebut memenuhi syarat penulisan sebuah variabel yang benar, yaitu boleh menggunakan underscout (_)

Huruf5
Benar
Karena diawali oleh Huruf

$Kondisi
Salah
Karena diawal Judul ditulis dengan menggunakan  simbol
Kondisi
Alamat Rumah
Salah
Karena menurut penulisan variabel yang benar tidak diperbolehkan untuk menggunakan spasi.

4_Alasan
Salah
Penulisan nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, hanya dengan huruf atau garis bawah.
_Alasan4
Data_nilai
Benar
Karena dalam penulisannya boleh menggunakan underscout(_)

Max
Benar
Karena sesuai dengan penulisan awal selalu diawali oleh huruf.


2.3  Aturan-aturan yang digunakan dalam penulisan nama variable
ü  Penulisan nama variabel tidak boleh terlalu panjang, maksimal 63 karakter.
ü  Penulisan nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka, garis bawah(underscout).
ü  Penulisan nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, simbol, keyword dan spasi. 

4. Algoritma untuk mencari keliling dan luas sebuah lingkaran, gunakan deklarasi konstanta untuk menyimpan nilai phi.
program menghitung_luas_dan_keliling_lingkaran
DESKRIPSI:
·         Masukkan jari-jari lingkaran (r)
·         Hitung luas lingkaran dengan rumus L=phi*r*r
·         Hitung keliling lingkaran dengan rumus K=2*phi*r
·         Tampilkan luas lingkaran
·         Tampilkan keliling lingkaran

   












BAB IV
IMPLEMENTASI

4.1 Kegiatan Praktikum
1. Buatlah sebuah program sederhana yang berisi deklarasi masing-masing tipe dasar sesuai tugas prepraktikum no.1, kemudian pada bagian deskripsi buatlah contoh intruksi masukan untuk mengisi data dan intruksi keluaran untuk menampilkan data dari masing-masing tipe dasar tersebut!
2. buat program untuk prepraktikum no.4!

4.2  Jawaban Kegiatan Praktikum
                        1. JAWABAN DARI TIAP-TIAP SOAL
program seleksi_penerimaan_pramugari;
uses wincrt;
var
nama : string;
alamat: char;
umur : integer;
tinggi_badan: real;
nomor_tes: longint;
begin
writeln ('seleksi penerimaan pramugari');
write ('masukkan nama ='); readln (nama);
write ('masukkan alamat ='); readln (alamat);
write ('masukkan umur ='); readln (umur);
write ('masukkan tinggi badan ='); readln (tinggi_badan);
write ('masukkan nomor_tes ='); readln (nomor_tes);


end.

                                                Hasil Running :

2. LUAS DAN KELILING LINGKARAN
program mencari_luas_dan_keliling_lingkaran;
uses wincrt;
var
luas,keliling: real;
r:integer;
const
phi= 3.14;
begin
writeln ('program mencari luas dan keliling lingkaran');
write ('masukkan jari-jari ='); read (r);
luas:= phi*r*r;
keliling := 2*phi*r;

writeln ('luas lingkaran = ',luas:0:2, 'cm');
writeln ('keliling lingkaran = ', keliling:0:2, 'cm');

end.


Hasil Runing:



BAB V
TUGAS AKHIR

5.1 Tugas Akhir
       Buatlah alogaritma dan terjemahkan dalam Bahasa Pascal untuk menghitung akar persamaan kuadrat : ax2 + bx + c =0
       Masukkan :
Masukkan nilai a =
Masukkan nilai b =
Masukkan nilai c =
Keluaran
Akar persamaan x1=
                           x2=
5.2  Jawaban Tugas Akhir
1.      JAWABAN DARI TIAP-TIAP SOAL
program akar_persamaan_kuadrat;
uses wincrt;
var
a,b,c : integer;
x1, x2 : real;
d : integer;
begin
d:=(b*b)-4*a*c;
writeln ('program menghitung akar persamaan kuadrat');
write ('masukkan nilai a'); read(a);
write ('masukkan nilai b'); read(b);
write ('masukkan nilai c'); read(c);
x1:=(-b- sqrt(d))/(2*a);
x2:=(-b +sqrt(d))/(2*a);
writeln ('x1 =',x1:2:2);
writeln ('x2 =',x2:2:2);
end.



Hasil Running :
5.3    Tugas tambahan
Konversi jarak dari km ke dam dan m.
Input: masukkan jarak dalam satuan km =
Hasil konvrter ke dam = 100 km
Hasil konverter ke m = 1000 km
KODING KONVERSI JARAK
program konversi_jarak;
uses wincrt;
var
km,dam,m:real;
begin
writeln ('program konversi jarak');
write ('masukkan jarak dalam satuan km = '); read (km);
dam:= km*100;
m:= km*1000;
writeln ('hasil konverter ke dam = ',dam:2:0);
writeln ('hasil konverter ke m = ', m:2:0);
end.

RUNING PROGRAM





















BAB VI
PENUTUP
6.1  Kesimpulan
1.    Bahasa pascal merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi yang diberikan oleh manusia kepada komputer. Pemrograman dengan bahasa pascal diawali dengan judul, deklarasi dan diakhiri dengan deskripsi. Judul merupakan jenis atau tujuan suatu program tersebut yang bersifat  optional dan tidak signifikan. Deklarasi berupa variable, konstanta, tipe dll yang dibutuhkan saat membuat program dengan bahasa pascal, kemudian deskripsi berisi inputan-inputan data berupa koding untuk menjalankan perintah yang di instruksikan oleh manusia agar dijalankan oleh komputer. Deskripsi mulai dengan “begin” dan di akhiri dengan kata “end”
6.2  Saran
1.         Untukasisten praktikum sebaiknya konsisten terhadap kelonggaran waktu yang telah ditentukan dan disiapkan dulu semua atau bahan yang mendukung kegiatan praktikum.

2.         Untuk kegiatan praktikum sebaiknya dilakukan pada siang atau sore hari karena menurutsaya praktikum yang diadakan pada malam hari kurang efisien.

No comments:

Post a Comment