LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM ALGORITMA PEMROGRAMAN (ALPRO)
MODUL I
“STRUKTUR PROGRAM PASCAL, TIPE DATA, VARIABLE DAN
KONSTANTA”
Disusun Oleh :
TGL PRAKTIKUM : 27
September 2012
NAMA : AZZA DEVI MANZILIA
NRP : 120411100110
KELAS/KELOMPOK : D/2
DOSEN PENGAMPU : ARIK KURNIAWATI,S.Kom.,M.kom
ASISTEN :
ANDI HARTONO
|
Disetujui : ....../……./………../Bangkalan
|
(ANDI HARTONO)
10.04.111.00020
|
JURUSAN TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
TRUNOJOYO MADURA
2012 / 2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Komputer merupakan komponen kehidupan
yang penting. Tanpa komputer seseorang pasti bakal tertinggal oleh informasi
yang beredar saat ini, saat ini komputer memang benar-benar berpengaruh
terhadap komponen kehidupan. Segala aktifitas manusia bertitik tumpu pada
sebuah komputer. Kecanggihan komputer dirasa sangat bermanfaat karena komputer
mampu membuat program-program yang mampu membantu aktivitas manusia yang tak
terbatas ruang, waktu dan dimensinya.
Adanya program bahasa pascal dinilai
sangat menguntungkan manusia, karena program tersebut mampu menerjemahkan
bahasa manusia kedalam bahasa komputer sehingga manusia merasa diuntungkan
dengan adanya program tersebut. Akan tetapi masih banyak hal yang belum
dipelajari oleh manusia tentang bagaimana penggunaan bahasa pemrograman pascal
yang baik dan benar serta bagaiman cara memainkan logika yang baik dan benar.
Oleh sebab itu diadakan praktikum ini untuk mengetahui bagaimana menggunakan
bahasa pemrograman dan logika yang baik dan benar.
1.2
Tujuan
Tujuan mahasiswa mengikuti praktikum Algortima Pemrograman Modul 1
ini adalah:
1.
Mengetahui
struktur program pascal,type data,variabel dan konstanta.
2.
Memahami
cara penggunaan program pascal.
3.
Mengetahui
cara penggunaan variable dalam bahasa pascal.
BAB II
DASAR TEORI
2.1
Teori
Struktur program Pascal terdiri dari tiga bagian (Gambar 1.1),
yaitu:
1. Judul Program. Judul ini sifatnya adalah
optional dan tidak signifikan.
2. Bagian Deklarasi. Bagian ini digunakan bila
program akan untuk mendefinisikan berbagai macam identifier, seperti
label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi.
3.
Bagian Deskripsi. bagian
ini digunakan untuk meletakkan seluruh instruksi program. Instruksi-instruksi yang
akan diberikan untuk dikerjakan ditulis di antara “Begin” dan “End".
Penulisan “End“ diakhiri dengan tanda baca titik (‘.’). Yang perlu diperhatikan
bahwa setiap instruksi diakhiri dengan tanda baca titik koma (‘;’).
{ Penjelasan mengenai program, yang berisi
uraian singkat mengenai apa yang dilakukan oleh program }
(* DEKLARASI *)
[const]
{ semua nama tetapan dan harga tetapannya
didefinisikan di sini}
[type]
{ semua nama tipe bentukan didefinisikan di sini
}
[var]
{ semua nama variabel global didefinisikan di
sini }
{ deklarasi prosedur dan fungsi didefinisikan di
sini }
(* DESKRIPSI *)
begin
{ semua instruksi program dituliskan di sini }
end.
Gambar 1.1 Struktur Program Bahasa Pasacal
Tabel 1.1 Notasi Bahasa Pascal
|
|
BAB
III
TUGAS
PENDAHULUAN
3.1 Prepraktikum
1. Buatlah contoh deklarasi masing-masing tipe dasar dalam Bahasa
Pascal!
2.
Isilah tabel berikut ini untuk melakukan penelusuran kebenaran penulisan nama
variabel-variabel ini.
Nama
Variable
|
Benar/Salah
|
Alasan
|
Pembetulan
|
_data2
|
|||
Huruf5
|
|||
$Kondisi
|
|||
Alamat
Rumah
|
|||
4_Alasan
|
|||
Data_nilai
|
|||
Max
|
3.
Jelaskan aturan-aturan yang digunakan dalam penulisan nama variabel.
4. Buatlah sebuah algoritma
untuk mencari keliling dan luas sebuah lingkaran, gunakan deklarasi konstanta
untuk menyimpan nilai phi.
3.2 Jawaban Prepraktikum
1. Tipe Data
ü Tipe data Boolean adalah tipe data yang mempunyai dua nilai yakni
benar dan salah.
Contoh:
Var
a:boolean;
begin
begin
a:=true;
writeln(a);
writeln(not a);
readln
writeln(a);
writeln(not a);
readln
end.
Jika program ini dijalankan maka hasilnya
True atau False
ü Tipe data Integer adalah tipe data yang digunakan untuk variable dengan
data bentuk bilangan bulat.
Contoh:
Program
Integer;
Var
A,B,C:Integer;
Begin
Write(‘Masukkan
nilai A=’); Readln (A);
Write(‘Masukkan
nilai B=’); Readln (B);
C:=A-B;
Writeln(‘Hasil
pengurangan =’,C);
End.
ü Tipe data Real adalah tipe data yang digunakan untuk variable
dengan data bentuk bilangan desimal.
Contoh :
Var
Panjang,
lebar, luas: real;
begin
writeln
('program menghitung luas persegi panjang');
write
('masukkan panjang= '); read (panjang);
write
('masukkan lebar= '); read (lebar);
luas
:= panjang*lebar;
write
('luas persegi panjang= ', luas:2:0);
end.
ü Tipe data Char adalah tipe data yang digunakan untuk variable
dengan data bentuk karakter.
Contoh:
Uses crt;
Var A : Char;
Begin
Write(‘AZZA DEVI’);
A := Readkey;
Writeln(‘AZZA DEVI:’, A);
Readln;
End.
Var A : Char;
Begin
Write(‘AZZA DEVI’);
A := Readkey;
Writeln(‘AZZA DEVI:’, A);
Readln;
End.
ü Tipe data String adalah tipe data bentukan yang merupakan deretan
karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya diapit oleh
2 tanda kutip.
Contoh:
Var
Kata1:string[4];
Kata2:string[4];
Begin
Kata1:=’Azza’;
Kata2 :=’Devi’;
Writeln(Kata1,Kata2);
End.
2. Penelusuran kebenaran penulisan nama
variable-variable
Nama Variable
|
Benar/Salah
|
Alasan
|
Pembetulan
|
_data2
|
Benar
|
Penulisan nama variabel tersebut memenuhi
syarat penulisan sebuah variabel yang benar, yaitu boleh menggunakan
underscout (_)
|
|
Huruf5
|
Benar
|
Karena diawali oleh Huruf
|
|
$Kondisi
|
Salah
|
Karena diawal Judul ditulis dengan
menggunakan simbol
|
Kondisi
|
Alamat Rumah
|
Salah
|
Karena menurut penulisan variabel yang
benar tidak diperbolehkan untuk menggunakan spasi.
|
|
4_Alasan
|
Salah
|
Penulisan nama variabel tidak boleh
diawali dengan angka, hanya dengan huruf atau garis bawah.
|
_Alasan4
|
Data_nilai
|
Benar
|
Karena dalam penulisannya boleh
menggunakan underscout(_)
|
|
Max
|
Benar
|
Karena sesuai dengan penulisan awal selalu
diawali oleh huruf.
|
2.3 Aturan-aturan
yang digunakan dalam penulisan nama variable
ü Penulisan
nama variabel tidak boleh terlalu panjang, maksimal 63 karakter.
ü Penulisan
nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka, garis bawah(underscout).
ü Penulisan
nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, simbol, keyword dan spasi.
4. Algoritma untuk mencari keliling dan luas
sebuah lingkaran, gunakan deklarasi konstanta untuk menyimpan nilai phi.
program
menghitung_luas_dan_keliling_lingkaran
DESKRIPSI:
·
Masukkan jari-jari lingkaran (r)
·
Hitung luas lingkaran dengan rumus
L=phi*r*r
·
Hitung keliling lingkaran dengan
rumus K=2*phi*r
·
Tampilkan luas lingkaran
·
Tampilkan keliling lingkaran
BAB IV
IMPLEMENTASI
4.1 Kegiatan Praktikum
1.
Buatlah sebuah program sederhana yang berisi deklarasi masing-masing tipe dasar
sesuai tugas prepraktikum no.1, kemudian pada bagian deskripsi buatlah contoh
intruksi masukan untuk mengisi data dan intruksi keluaran untuk menampilkan
data dari masing-masing tipe dasar tersebut!
2.
buat program untuk prepraktikum no.4!
4.2 Jawaban
Kegiatan Praktikum
1. JAWABAN DARI TIAP-TIAP SOAL
program seleksi_penerimaan_pramugari;
uses wincrt;
var
nama : string;
alamat: char;
umur : integer;
tinggi_badan: real;
nomor_tes: longint;
begin
writeln ('seleksi penerimaan
pramugari');
write ('masukkan nama ='); readln
(nama);
write ('masukkan alamat ='); readln
(alamat);
write ('masukkan umur ='); readln
(umur);
write ('masukkan tinggi badan =');
readln (tinggi_badan);
write ('masukkan nomor_tes ='); readln
(nomor_tes);
end.
|
Hasil Running :
program
mencari_luas_dan_keliling_lingkaran;
uses wincrt;
var
luas,keliling: real;
r:integer;
const
phi= 3.14;
begin
writeln ('program mencari luas dan
keliling lingkaran');
write ('masukkan jari-jari ='); read
(r);
luas:= phi*r*r;
keliling := 2*phi*r;
writeln ('luas lingkaran = ',luas:0:2,
'cm');
writeln ('keliling lingkaran = ',
keliling:0:2, 'cm');
end.
Hasil
Runing:
BAB
V
TUGAS
AKHIR
5.1 Tugas Akhir
Buatlah alogaritma dan
terjemahkan dalam Bahasa Pascal untuk menghitung akar persamaan kuadrat : ax2 +
bx + c =0
Masukkan :
Masukkan nilai a =
Masukkan nilai b =
Masukkan nilai c =
Keluaran
Akar persamaan x1=
x2=
5.2 Jawaban
Tugas Akhir
1.
JAWABAN DARI TIAP-TIAP SOAL
program
akar_persamaan_kuadrat;
uses
wincrt;
var
a,b,c
: integer;
x1,
x2 : real;
d
: integer;
begin
d:=(b*b)-4*a*c;
writeln
('program menghitung akar persamaan kuadrat');
write
('masukkan nilai a'); read(a);
write
('masukkan nilai b'); read(b);
write
('masukkan nilai c'); read(c);
x1:=(-b-
sqrt(d))/(2*a);
x2:=(-b
+sqrt(d))/(2*a);
writeln
('x1 =',x1:2:2);
writeln
('x2 =',x2:2:2);
end.
|
Hasil Running :
5.3 Tugas tambahan
Konversi
jarak dari km ke dam dan m.
Input: masukkan
jarak dalam satuan km =
Hasil
konvrter ke dam = 100 km
Hasil
konverter ke m = 1000 km
program konversi_jarak;
uses wincrt;
var
km,dam,m:real;
begin
writeln ('program konversi jarak');
write ('masukkan jarak dalam satuan km = ');
read (km);
dam:= km*100;
m:= km*1000;
writeln ('hasil konverter ke dam =
',dam:2:0);
writeln ('hasil konverter ke m = ', m:2:0);
end.
RUNING
PROGRAM
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
1. Bahasa pascal merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan
instruksi yang diberikan oleh manusia kepada komputer. Pemrograman dengan
bahasa pascal diawali dengan judul, deklarasi dan diakhiri dengan deskripsi.
Judul merupakan jenis atau tujuan suatu program tersebut yang bersifat optional dan tidak signifikan. Deklarasi
berupa variable, konstanta, tipe dll yang dibutuhkan saat membuat program
dengan bahasa pascal, kemudian deskripsi berisi inputan-inputan data berupa
koding untuk menjalankan perintah yang di instruksikan oleh manusia agar
dijalankan oleh komputer. Deskripsi mulai dengan “begin” dan di akhiri dengan
kata “end”
6.2 Saran
1.
Untukasisten praktikum sebaiknya konsisten terhadap kelonggaran
waktu yang telah ditentukan dan disiapkan dulu semua atau bahan yang mendukung
kegiatan praktikum.
2.
Untuk kegiatan praktikum sebaiknya dilakukan pada siang atau sore
hari karena menurutsaya praktikum yang diadakan pada malam hari kurang efisien.
No comments:
Post a Comment