Wednesday 12 February 2014

Laporan Resmi PTI modul 5

LAPORAN RESMI
PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMATIKA
MODUL 5
LIBREE OFFICE






Disusun Oleh:


Nama               :  Azza Devi Manzzilia
NRP                :  120411100110
Kelas               :  D
Asisten            :  Syamsul Arifin
Tgl. Pratikum :  4 November 2012
Dosen              : Ari Kusumaningsih ST,MT
 
Di setujui, ....../……./………../Bangkalan




( SYAMSUL ARIFIN)
10.04.111.00048

 
 
















Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSA-ptWkAFK0OrXeH_tbXKijE8eFm7tMz0gjufNeaJLtnm5eOO9etOYPVJLn-xnIXDubB7dEC5gJXN9adSk4qJtLnhyphenhyphenxEU8uquZpBptvF589VlAQeYTDXk7cT9SHsQ8Nail0qJk4QNazc/s300/Logo+Common+Computing.pngLABORATORIUM COMMON COMPUTING
PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
2012
BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar belakang
Modern ini banyak berkembang aplikasi yang banyak membantu meringankan beban manusia dalam melakukan pekerjaan mereka. Munculnya banyaknya SO (system operasi) dikalangan perusahaan-perusahaan komputer di seluruh belahan dunia ternyata juga sangat berpengaruh terhadap banyaknya aplikasi yang berkembang dimasa ini. Salah satu contoh aplikasi yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia adalah aplikasi libre office keluaran linux yang mempunyai banyak kegunaan. Kegunaan yang dimiliki oleh libre office hampir sama dengan kegunaan aplikasi yang ada di sistem oprasi windows (office), namun terdapat perbedaan diantara aplikasi yang ada pada kedua sistem operasi tersebut. Oleh sebab itu dilakukan praktikum ini agar kita lebih mengetahui bagian-bagian mana saja yang dapat membedakan antara aplikasi yang ada pada windows dan linux.

1.2.  tujuan
1.         Praktikan dapat mengenal dan menggunakan Libre Office.
2.         Praktikan   dapat   mengetahui   bagaimana   caranya   bekerja   dengan   Libre Office.







BAB II
DASAR TEORI

2.1.  Dasar teori
A. LIBRE OFFICE.Org
Libre  Office.org  adalah  sekumpulan  aplikasi  yang didesain  khusus terintegrasi  untuk mempermudah dan membantu  Anda di tempat  kerja, sekolah,  rumah dalam  menulis  suatu  dokumen,   membuat  chart  yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi.   LibreOffice.org,  dikembangkan  oleh  Sun  Microsystems. Dari  sisi  fitur,  harus  diakui   LibreOffice.org belum  bisa  dibandingkan dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian  kecil  fungsionalitas, yang  sudah  dipenuhi  dengan baik    oleh    LibreOffice.org.   LibreOffice.org   datang    dengan    semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:
·           Word processing (Writer)
·           Spreadsheet  (Calc)
·           Presentation  (Impress)
·           Database (Base)
·           Drawing/Graphics (Draw)
·           Formula/Math (Math)
·           Macro
·           dan lain sebagainya
Selain  itu juga  datang  dengan  berbagai  fitur  lain,  yang  bahkan  belum bisa disediakan  oleh Microsoft  Office.  Kita  akan  membahas  sepuluh diantaranya :
1.         Ketersediaan source code
LibreOffice.org adalah free/libre source software. Artinya, source code LibreOffice.org  tersedia  dan  bisa  dimanfaatkan  dengan  sangat  fleksibel (sesuai  lisensi  GNU  LGPL).  Dari  sisi  lisensi,  ini  artinya  pengguna  tidak perlu  mengeluarkan  sepeser   uangpun   untuk  membeli   lisensi   penggunaan. Pengguna  mungkin  perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli  buku panduan atau media instalasi LibreOffice.org.
2.        Berjalan  pada banyak platform
Microsoft    Office   hanya   berjalan    secara   natif   pada   Windows    dan Macintosh.     Sementara,      LibreOffice.org    berjalan     pada     Windows, Macintosh,  Linux,  UNIX,  BSD.  Dengan  menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.
3.        Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya Dengan menggunakan  LibreOffice.org,  kita  tetap  bisa  membuka   dan  menyimpan dokumen-dokumen yang  dihasilkan  dari  Microsoft  Office.  Tidak  hanya  itu, LibreOffice.org juga  bisa  membuka  dan  menyimpan  dokumen  dari  banyak paket  office  lain.  Sebut  saja  WordPerfect, Lotus  dan  AutoCAD.   Dengan menggunakan  LibreOffice.org,  Anda  bisa  bekerja  dengan  banyak  format dokumen.
4.        Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel
LibreOffice.org  2.x  menggunakan format  dokumen  LibreDocument,  yang sangat   terbuka.   Sudah   cukup   banyak   program   yang   bisa   membuka   dan menyimpan format LibreOffice.org.
5.        Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
Dengan  menggunakan  LibreOffice.org, dokumen  yang kita buat bisa langsung diekspor   ke   format   lain,   seperti   PDF   atau   Flash   dengan   mudah,   tanpa membutuhkan program atau pustaka tambahan.
6.        Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
Macro dapat digunakan  untuk mengembangkan fungsionalitas Office.  Dengan LibreOffice.org, macro  dapat  dibangun  dengan  berbagai  bahasa  pemrograman seperti  Python  dan  Javascript,   disamping   LibreOffice.org  Basic.  Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.
7.         Akses database yang luas dan transparan
LibreOffice.org   datang   dengan   dukungan    database    yang   luas.   Dengan dukungan  berbagai  driver  natif,  ODBC  dan  JDBC,  Anda  bisa menghubungkan  LibreOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia  ini. LibreOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.
8.        Wizard untuk konversi dokumen MS Office
Punya   satu  folder   (dengan   struktur   yang   rumit)   berisikan   banyak dokumen MS Office baik Word, Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan  ke  format   LibreOffice.org?  Mudah.  Cukup  akses  saja menu  File  ->  Wizards   ->  Document   Converter.   Anda  akan  dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
9.        Sangat  customizeable
Ingin   mengubah   sebagian   besar  user  interface    LibreOffice.org?  Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti  icon default?  Gunakan  menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan  LibreOffice.org Anda dijamin  berbeda  dengan  pengguna  lain! Ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.
10.    User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur   program   LibreOffice.org  dan  sistem  komponennya dikembangkan  dengan  sangat  baik.  Salah  satu  akibatnya,   user  interface Writer,   Calc,  Impress   dan  komponen   lain  sangatlah   konsisten.   Kita bahkan bisa membangun  macro untuk memanggil  komponen  tertentu dari LibreOffice.org.

B. PAKET APLIKASI  LIBRE  OFFICE.Org
1.                  LibreOffice.org Writer Aplikasi  pengolah  kata,  merupakan   padanan  dari  Microsoft   Word.  Untuk memulai LibreOffice.org Writer dari panel desktop Anda, pilih Applications  |  Office   |  Word  Processor.   Untuk   memulai   dari  shell prompt, ketik perintah oowriter.
2.                  LibreOffice.org Calc
Aplikasi   lembar   kerja   (spreadsheet),  padanan   dari  Microsoft   Excel. Untuk memulai  LibreOffice.org Calc dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office  | spreadsheets. Untuk  memulai  dari  shell  prompt, ketik  perintah   oocalc.   LibreOffice.org  Calc  memungkinkan  Anda  untuk memasukkan atau  memanipulasi  data  personal  maupun  data  bisnis.  Jika Anda  perlu  membuat  chart atau grafik  untuk  presentasi  kelas  atau bisnis, LibreOffice.org  memiliki   beberapa   template   chart   dan   grafik   yang tersedia.
3.        LibreOffice.org Impress
Aplikasi   presentasi,   padanan   dari   Microsoft   PowerPoint.    LibreOffice.org Impress   adalah   tool   graphical   yang   dapat   membantu   Anda   untuk membuat   presentasi    yang   meyakinkan.  Untuk   memulai    LibreOffice.org Impress dari panel desktop Anda, pilih Applications | Office | sppresentation.   Untuk   memulai    dari   shell   prompt,   ketik   perintah ooimpress.
4.        LibreOffice.org Base
Aplikasi basis data, padanan dari Microsoft Access.
5.        LibreOffice.org Draw
Aplikasi  editor grafis dan percetakan.  Untuk memulai  LibreOffice.org Draw dari menu desktop,  tidak tersedia.  Anda dapat menjalankan dari menu Libre Office.org File | New | Drawing, atau dari shell prompt, ketik perintah oodraw. Untuk mempelajari  lebih jauh tentang  semua paket aplikasi  LibreOffice.org, klik Help | LibreOffice.org Help dari menu bar.




BAB III
TUGAS PENDAHULUAN




















BAB IV
IMPLEMENTASI
4.1.  Tugas praktikum
1.         Jelaskan proses apa saja yang bisa dilakukan dengan  LibreOffice.org
2.         Buatlah  suatu  file  untuk  masing-masing  LibreOffice.org  dan  simpan dalam format PDF untuk LibreOffice.org Writer
3.         Carilah cara lain mengeluarkan Toolbars Drawing dan formating?
4.         Bagaimanakah caranya memidahkan suatu icon ?
5.         Mengapa speeling&grammar perlu di non aktifkan!
6.         Bagaimankah caranya menonaktifkan speeling&grammar?

Jawaban
1.        Proses yang ada didalam libre office
·           LibreOffice.org Writer : Aplikasi  pengolah  kata
·           LibreOffice.org Calc : aplikasi pengolah angka
·           LibreOffice.org Impress : Aplikasi   presentasi
·           LibreOffice.org Base : Aplikasi basis data
·           LibreOffice.org Draw : Aplikasi  editor grafis dan percetakan
2.        File untuk masing-masing libre office
a.    Klik file, export pdf
b.      Muncul kotak dialog, pilih export
c.       Muncul kotak dialog lagi, pada save as type pilih PDF, lalu save
3.        Cara mengeluarkan toolbar drawing and formating
a.    klik view
b.    toolbar
c.    centang pada drawing dan formatting.
4.        Cara memindahkan suatu icon
·      Klik kanan pada icon yang ingin dipindahkan, kemudian klik tanda centang yang ada disamping icon hingga tanda centang hilang.
5.        Speeling and grammer perlu dinonaktifkan
Agar kata yang kita dapat memasukkan kata atau kalimat sesuai dengan yang kita inginkan , karena jika spelling dan grammar diaktifkan kata yang kita masukkan akan di repair sesuai dengan ejaan bahasa yang kita setting pada spelling&grammar.
6.        Cara menonaktifkan speeling and grammer
klik tools, pilih speeling and grammar klik auto correct, atau klik F7.




























BAB V
PENUTUP
5.1.  Kesimpulan
Dari laporan diatas dapat dismpulkan bahwa libree office merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh linux yang berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Aplikasi yang ada di libree office mempunyai persamaan fungsi dengan microsoft office. Namun ada juga kelebihan yang dimiliki oleh libree office dibandingkan dengan microsoft office.

5.2.  Saran
1.      Sebaiknya asisten praktikum menyiapkan alat dan bahan pada saat praktikum berlangsung
2.      Untuk kegiatan praktikum sebaiknya dilakukan secara tepat waktu.



No comments:

Post a Comment