Wednesday 23 January 2013

IBU


Apa arti seorang ibu bagi kalian ?
                ibuku adalah wanita teristimewa di dunia, dialah satu-satunya penyemangat hidup yang aku punya, selalu ada dikala aku sedang dalam keadaan suka maupun duka. Ibuku maafkan anakmu yang selalu mendurhakaimu pada jaman dulu...
                Siapa yang tak kenal aku ? aku adalah si gadis periang yang tak kenal lelah untuk berpetualang, tak ada hari yang kulewatkan untuk berpetualang, pergi pagi jam sembilan pulang-pulang jam lima sore itulah jadwal sehari-hariku. Ibuku seorang penjahit dan ayahku seorang pedagang besi tua. Bila hari libur tiba terkadang aku tak pulang ke rumah karena aku sering menginap dirumah teman-temanku. Ibu selalu menasehatiku agar aku memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, boleh berpetualang dengan syarat seluruh tugas telah rampung. Tapi watak ku yang keras kepala tak pernah menghiraukan perkataan wanita paruh baya itu, saking lelahnya dengan jadwal kesehrianku sampai akhirnya tak sengaja kata-kata pahit keluar dari bibir ibu “kamu ini perempuan kenapa kok gak pernah pulang, kemana-mana gak pernah bilang, apa kamu mau melihat ibumu terbujur kaku dengan kain kafan sewaktu kamu pulang !”. siapa yang tak miris mendengar perkataan itu.
                Ibu.. maafkan anakmu yang durhaka ini, aku berjanji tak akan mengulanginya lagi. Aku tak ingin ibu pergi. Siapa lagi yang akan menggosokkan balsem dimalam hari ketika kakiku terasa letih, siapa lagi yang akan membakar obat nyamuk saat nyamuk-nyamuk mulai kelaparan, siapa yang akan menggantikanmu memaparkan selimut ketika aku kedinginan, siapa yang akan menggantikanmu untuk  membangunkanku di tengah malam untuk menggelar sajadah dan bertahajud bersamaku, siapa lagi yang rela bangun di pagi buta hanya untuk membuatkan sarapan dan siapa lagi yang setiap hari membela dan menasehatiku saat ayah murka?
                Ibu.. maafkan aku, cukup sekali saja aku melukai hati kecilmu, tak akan ku ulangi lagi kesahanku, akan ku bahagiakan dirimu meskipun hanya secuil kebahagiaan yang mampu ku berikan untukmu. Ibu aku menyayangimu lebih dari apapun.

No comments:

Post a Comment